Friday, May 2, 2008

Membuat Icon Link Blog sendiri yuukkk...!

. Friday, May 2, 2008

Setelah mengamati beberapa blog, iseng iseng timbul ide "gimana ya kalo kubuat icon link blog ku sendiri.." Hmm... ternyata caranya mudah kok. Mau coba? Begini nih..

Persiapan :

  • ide (mau dibikin seprti apa?)
  • software pict editing (saya pake yang gampang, Adobe Photoshop 7.0)
  • internet connection (buat ngepost iconnya kalo udah jadi..nanti)
Langkah-langkah:
1.Bikin ide , siapin gambar mentahnya, cari aja di internet. misal : 2. Di photoshop, bikin File >>New >> isikan ukuran pixel yang ingin di buat (saran: jangan terlalu besar ukurannya, ini kan cuma icon ^^). Kalau saya pakai 125x50 pixel.

3. Nah akan muncul lembar putih, kita tinggalkan dulu lembar itu. Sekarang kita buka gambar mentah tadi dengan File >> open >> pilih filenya >> open. Sampai langkah ini, tampilannya akan seperti ini.
4. Sekarang kita ingin menghilangkan background gambar mentah, pertama kita duplicate dulu layer-nya (arahkan mouse ke kotak layer di kanan bawah, klik kanan di layer bernama background), pilih duplicate layer, akan muncul 1 lagi layer didalam kotak tersebut. Lalu hapus layer asli dengan cara drag layer aslinya (yang bernama background) ke lambang tempat sampah di pojok kanan bawah.
5. Kita gunakan tool Magic Wand yang ada pada toolbar di samping kiri (pilih daerah gambar yang akan dihapus) lalu tekan del.. Hapuslah serapi mungkin ^^.

6. kalo udah, drag (ubah dulu sifat mouse ke Moving tool) gambar tersebut kedalam lembar 125x50 yang udah dipersiapkan tadi. (kalau kebesaran ubah ukurannya dengan Edit >> Free Transform). lalu pilih Moving tool lagi dan akan ada muncul kotak konfirmasi, pilih Apply.


7. Nah, dari sini silahkan berkarya deh, beberapa tips untuk langkah selanjutnya ^_^
- Optimalkan saja pemakaian fitur-fitur di Blending option (diakses dengan click kanan pada layer yang bersangkutan) .

- Mengubah warna background menggunakan Colour Overlay (click dua kali).
- Stroke biasanya untuk menebali tepi gambar dengan warna lain. (contoh pada icon saya, tulisan RONINHEART yang berwarna biru ditebali oleh warna Putih).
-ingin kesan mengkilat, coba utak-atik di bagian Bevel and Emboss.

8. Finishing! Save file dalam bentuk gif (agar bisa transparan). Posting-kan gambar tersebut ke situs-situs pict hosting. (misal : http://www.postyourimage.com). lalu sisipkan ke script HTML yang menyertakan alamat site anda (seperti saat me-link kan gambar).


selamat mencoba! ^_^

1 comment:

Unknown said...

bagusss mas,,,tipsnya kunjungin blod aku juga massss jangan lupa komentarnya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Roninheart is proudly powered by Blogger.com || Template: Original by o-om.com | Modified by EriWib
dreamhost promos